Tips Simpan Motor yang Benar Selama Ditinggal Liburan

Tips Simpan Motor yang Benar Selama Ditinggal Liburan – Saat libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru), sebagian orang memilih untuk memanfaatkan kendaraan lazim dan meninggalkan sepeda motornya di rumah. Perlu diketahui, tersedia langkah yang benar di dalam menyimpan motor. Saat tempat tinggal ditinggal sebagian hari, menyimpan motor di di dalam tempat tinggal jadi pilihan pemilik kendaraan. Sebab, lebih safe dibandingkan ditinggal di garasi atau beranda rumah.

Tips Simpan Motor yang Benar Selama Ditinggal Liburan

Tips Simpan Motor yang Benar Selama Ditinggal Liburan

Namun, tak sedikit yang kurang mengetahui bagaimana langkah menyimpannya yang benar. Banyak yang memosisikan motor layaknya biasa.

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries ( ban FDR), mengatakan, ban motor yang menyentuh lantai mampu membuat tekanan udaranya berkurang. “Banyak faktor yang merubah turunnya tekanan hawa pada ban kecuali bersentuhan langsung dengan lantai. Biasanya, jadi rendah suhu lantainya, bisa saja ban jadi cepat kempis,” ujar Jimmy, kepada Kompas.com, sebagian sementara lalu. Kondisi ini cocok dengan sifat hawa yang dapat memuai sementara panas dan berkurang sementara dingin. Tentunya, dapat sangat menjengkelkan kecuali pulang liburan, jadi mendapati motornya di dalam keadaan kempis.

Tapi, tersedia sebagian langkah untuk menyiasati berkurangnya tekanan hawa pada ban saat motor disimpan di di dalam rumah. Pemilik kendaraan mampu memanfaatkan karpet atau karton tidak tipis sebagai alas untuk menghambat kontak langsung dengan lantai. “Biasakan untuk memanfaatkan standar tengah, sehingga ban belakang tidak kontak langsung dengan lantai,” kata Jimmy.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk. (ban IRC), mengatakan, langkah lain kecuali dambakan menyimpan motor di tempat tinggal di dalam jangka sementara yang lama adalah mengisi ban dengan tekanan hawa maksimum. “Sah-sah saja, selama masih batas maksimum. ‘Kan tujuannya sehabis disimpan motornya seminggu, kecuali mau dipakai tidak mesti diisi lagi udaranya,” ujar Dodi.